Seajuh ini, perjalanan saya menuju Kawasan Apparalang merupakan perjalanan yang paling berkesan. Soal jalur yang ekstrim (naik-turun-belokan tajam) mungkin banyak tempat seperti ini. Namun setelah perjalanan panjang tersebut, pemandangan yang ditawarkan seolah membayar semuanya.

Bagi saya pribadi, pemandangan di tempat ini sangat memuaskan mata pengunjungnya. Sungguh mengagumkan karya ciptaan Sang Pencipta. Sekilas, pemandangan seperti berada di luar negeri. Saya sendiri berencana untuk kembali ke tempat ini lagi suatu saat nanti.

Berbicara soal fasilitas, masih belum terlalu banyak yang dapat diharapkan karena pembangunan berlangsung lambat. Beruntung, akses jalan masuk sudah dibuat sedikit lebih baik. Pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk Rp. 20.000,- per kendaraan, dan menambah uang parkir mobil Rp. 2000,- (untuk motor sy kurang tahu karena rombongan kami naik mobil).

Fasilitas yang telah dibuat cukup baik (namun masih perlu perhatian) ialah akses tangga untuk menuruni tebing. Tangga yang dibuat masih terasa kurang kokoh sedangkan tebing cukup tinggi. Untuk pengunjung yang ingin berenang, tidak ada fasilitas seperti pelampung atau kacamata renang. Fasilitas yang disediakan hanya berupa dermaga kecil (setelah menuruni tebing) serta tangga untuk akses naik bagi pengunjung yang memutuskan untuk berenang di area pantai.

Pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya. Pantai ini merupakan pantai yang berujung dengan tebing. Sehingga, sebagian besar pengunjung yang ingin berenang memutuskan untuk melompat dari dermaga ke air laiut. Terlihat sangat seru dan menyenangkan.

Fasilitas kamar mandi dan toilet juga ada di tempat ini. Untuk pemakaian toilet, dikenakan biaya Rp. 2000,- untuk buang air kecil (sy tdk tahu ya jika biayanya beda utk buang air besar). Untuk menggunakan kamar mandi, sy tidak sempat menanyakan harganya karena saya dan rombongan memutuskan untuk tidak turun berenang (waktu kami habis untuk foto-foto…hahaha)

Saya sangat merekomendasikan tempat ini untuk dikunjungi oleh para traveller. Saat kami datang, masih dilakukan pembangunan/perbaikan fasilitas taman yang saya perkirakan akan sangat indah jika telah rampung. Walau penuh perjuangan, Pantai Apparalang ini SANGAT DIREKOMENDASIKAN. Mari cintai alam Indonesia.

*Catatan: saya lebih merekomendasikan untuk menaiki mobil jika ingin mengunjungi tempat ini karena rute yang dilewati cukup ekstrim. Terlebih khusus bagi traveller yang bukan berasal dari area Bulukumba.

Share This